PKBM Mampu Basmi Kemiskinan

0
Nuniek: Gali Keterampilan, Manfaatkan Potensi yang Ada

RBI, BENGKULU – Pendidikan non formal, informal merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang memiliki arti dan makna yang sama pentingnya dengan pendidikan formal di sekolah, dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Ketua PKBM Centella Asiatica, Nuniek Yustutia, S.Hut memaparkan, “Salah satu strategi pendidikan luar sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi warga masyarakat miskin yang tidak mungkin dapat terlayani jalur pendidikan sekolah saat ini adalah dengan cara meningkatkan peran serta masyarakat untuk memprakarsai dan selanjutnya mampu membiayai sendiri terhadap pelayanan Pendidikan Non Formal (PNFI) yang dibutuhkan masyarakat melalui pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).”

PKBM Centella Asiatica merupakan salah satu lembaga yang melaksanakan program Pendidikan Non Formal (PNFI) bagi masyarakat yang berasal dari kondisi sosial ekonomi menengah kebawah. Dengan demikian, program-program yang dilaksanakan oleh PKBM Centella Asiatica juga merupakan dari upaya penanggulangan kemiskinan. Hal ini dimungkinkan karena pendidikan yang dilaksanakan juga disertai dengan pembekalan kecakapan hidup untuk memanfaatkan potensi yang ada di lingkungannya yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi bagi upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan yang tengah kita hadapi saat ini.

Ditambahkan Nuniek sapaan akrab ibu 2 orang anak ini, “Program pembelajaran di PKBM Centella Asiatica lebih berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dengan bertumpu pada potensi dan kebutuhan masyarakat. Program-program yang diselenggarakan PKBM Centella Asiatica yaitu program pembelajaran yang terdiri dari Kesetaraan, Keaksaraan, Bimbel, PAUD, Kelompok Belajar Usaha (KBU), Magang, Kursus dan Keterampilan Hidup (Life Skills) membuat dan memasarkan makanan tradisional khas Bengkulu, kerajinan tangan/handycraft berupa pembuatan tabot mini berbahan bekas kardus, pembuatan kerajinan tangan kulit lantung, souvenir pernikahan, assesoris kalung, gelang, dan anting berbahan roti sisa/busuk/tidak terpakai, usaha perbengkelan dan budidaya kolam ikan.

Sasaran program pembelajaran yang dilaksanakan PKBM Centella Asiatica ini adalah warga belajar dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang masih rendah yang secara ekonomi termasuk kategori kurang mampu. PKBM Centella Asiatica membina warga belajar agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri, bekerja mencari nafkah atau melanjutkan ke tingkat dan/atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan program pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan, diharapkan akan mampu membangun jiwa kewirausahaan, dalam arti mampu mendirikan, mengolah, dan mengembangkan usahanya. Bahkan lebih jauh diharapkan warga belajar yang dibina berani untuk “memulai” dan “mewujudkan” sehingga dapat membuka lapangan kerja baru.

“Program pembelajaran lembaga PKBM Centella Asiatica juga didukung oleh program-program lainnya seperti Taman Bacaan Masyarakat (TBM), PKBG (Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender), Aksara Kewirausahaan, Multikeaksaraan Berbasis Teknologi, dan beberapa program lain,” demikian Nuniek.(cw2)

Artikel Berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © PKBM Centella Asiatica

Designed By: Johan JM